Touchscreen Lenovo A6000 Bermasalah

Touchscreen Lenovo A6000 Bermasalah bisa disebabkan oleh beberapa hal. Maka harus dikenali dulu penyebabnya, karena cara mengatasinya juga berbeda. Touchscreen bermasalah bisa terjadi karena kerusakan software maupun hardware.

Jika touchscreen tidak respon secara tiba-tiba, kemungkinan besar terjadi karena software (bisa firmware atau aplikasi) atau bisa juga karena pemakaian. Masalah touchscreen ini paling sering dikeluhkan oleh pengguna Lenovo, karena responsifitas touchscreen Lenovo semakin berkurang seiring lamanya pemakaian.

Cara mengatasi Touchscreen Lenovo A6000 Bermasalah

Jika kerusakan Touchscreen diakibatkan karena ponsel Lenovo jatuh, terkena air, tertindih dan benturan fisik lainnya, memang harus diperiksa secara menyeluruh, Beberapa cara yang harus kamu lakukan untuk mengatasi Touchscreen Lenovo A6000 bermasalah, antara lain:

1. Hard Reset Lenovo

Hal pertama yang mungkin dilakukan untuk mengatasi touchsreen rusak sebagian atau seluruhnya adalah dengan cara factory reset atau mengengbalikan ke setelan pabrik. Caranya:

  • Tekan dan tahan tombol volume atas+volume bawah+tombol power secara bersamaan beberapa detik sampai muncul logo Lenovo
  • Ponsel akan restart dan memunculkan menu recovery
  • Gunakan volume atas atau bawah untuk menggerakan kursor
  • Pilih “Wipe data atau Factory reset atau Erase Memory”
  • Tekan tombol Power untuk konfirmasi pilihan.

Dengan melakukan hard reset, maka semua data termasuk aplikasi hasil download akan terhapus dan ponsel kembali ke setelan pabrik.

2. Update Lenovo A6000 ke Lollipop

Jika hard reset tidak mengatasi masalah Touchscreen Lenovo, maka hubungkan ponsel kamu ke PC untuk melakukan update Lenovo A6000 ke Lollipop. Untuk melakukan update Lenovo A6000 secara manual, ikuti langkah Babeh berikut:

  1. Download dulu OS Android Lollipop, dan simpan di komputer. Silahkan klik disini untuk mendownloadnya.
  2. Hubungkan Lenovo ke komputer melalui kabel data
  3. Copy dan paste file yang sudah di download tadi ke memory eksternal ponsel
  4. Copot kabel usb dan matikan ponsel
  5. Masuk ke recovery mode seperti akan melakukan hard reset (pada cara pertama)
  6. Pada mode recovery, pilihlah Update (Android 5.0 Lollipop firmware)
  7. Tekan tombol power untuk konfirmasi pilihan update
  8. Tunggu beberapa saat hingga ponsel selesai melakukan update
  9. Jika terjadi bootlop, maka lakukan langkah hard reset kembali dan ulangi proses update

3. Ganti Touchscreen atau LCD Lenovo A6000

Jika kedua langkah di atas tidak berhasil, maka Babeh yakin, kerusakan terjadi pada touchscreen maupun LCD Lenovo kamu. Sebaiknya ganti satu set touchscreen dan LCD Lenovo A6000. Harga touchscreen Lenovo A6000 sekitar 100 ribu, sedangkan harga LCD+Touchscreen Lenovo A6000 adalah 200 ribu.

Touchscreen Lenovo A6000 bermasalah

Silahkan tonton video berikut untuk mengetahui Cara ganti LCD Lenovo A6000. Jika tidak memiliki peralatan yang cukup, lebih baik kamu hanya membeli LCD+touchscreen saja, dan serahkan pada tukang servis yang ahli untuk melakukan pergantian. Cukup keluarkan uang 25-50 ribu saja koq untuk membayar tukang servisnya.

Cara ini bisa di aplikasikan untuk merk dan tipe ponsel lainnya, jika mengalami masalah pada touchscreen rusak sebagaian atau seluruhnya.

Jika ada pertanyaan, silahkan gunakan form Tanya Babeh dan deskripsikan masalah kamu sedetail mungkin agar Babeh dapat membantu secepatnya. Beberapa pertanyaan terkadang diajukan tanpa menyertakan detail seperti merk hp dan tipenya sehingga menyulitkan Babeh untuk mengatasinya secara spesifik.

Update!

Selamat malam. Saya mau bertanya masalah hp lenovo a6000+ saya. Untuk touchscreen nya jika untuk mengetik itu selalu loncat2. Itu hanya di beberapa titik. Tidak semua huruf. Untuk cara factory reset sudah sy lakukan, tpi msh ttp tdk bisa. Jika menggati touchscreen apakah harus 1 pkt dengan lcd.
Mohon pencerahannya. Terima kasih

Ridwan Awalia, Jakarta

===

Selamat Malam juga Ridwan. Untuk masalah LCD yang tidak responsif di beberapa titik, biasanya terjadi kerusakan touchscreen maupun flex LCD. Namun, sebelum mengganti LCD cobalah dulu untuk meng-upgrade Lenovo A6000+ ke Marsmallow. Silahkan baca artikel berikut:

Cara Upgrade Lenovo A6000+ ke Marsmallow

Cara Root Lenovo A6000+

Untuk menggantinya, tergantung tukang servisnya, apakah memiliki alat untuk memisahkan touchscreen dengan lcd, karena LCD dan touchscreen Lenovo terpasang melekat, sangat sulit untuk melepaskannya tanpa alat.

Babeh jual LCD Lenovo A6000+ fullset seharga 250 ribu rupiah. Harga sudah termasuk ongkos kirim ke seluruh Indonesia.

Semoga Membantu!

Touchscreen Lenovo A6000 Bermasalah | admin | 4.5