Layar HP Android bergerak Sendiri

Layar HP Android bergerak Sendiri – Beh kan udah tu bisa nyala ikut yg no.2 alhamdulillah, tapi kok pas uda nyala layarnya ngerespon sntuhan tapi ga mau kembali ke home dan buka app lain? Maksudnya masih terus multitask terus tampilannya ga mau diapa2in tapi kalo dipencet itu respon cuma ke kanan kiri doang. Gmn behhhh solusinya ditunggu yaa help me :((

Olivia Ratna, Blora

layar hp bergerak sendiri

Cara mengatasi Layar HP Android bergerak Sendiri

Layar gerak sendiri dan membuka aplikasi otomatis memang membuat kita pusing yah. Ini juga pernah terjadi pada ponsel Babeh model lama, yakni Samsung Galaxy Star yang masih menggunakan teknologi resitive touch. Ketika ini terjadi tentusaja kita akan kesulitan mengoperasikan HP karena layar sentuh sangat sulit dikendalikan.

Penyebab layar sentuh bergerak sendiri bisa diakibatkan oleh tiga kemungkinan yakni gangguan elektrik statis, kerusakan sistem dan kerusakan touchscreen itu sendiri. Babeh akan membahasnya satu persatu, dan mungkin akan memperbaiki masalah layar hp android bergerak sendiri.

Kemungkinan Pertama adalah Gangguan Elektrik, yang harus dilakukan adalah:

1. Bersihkan Layar HP

Benda cair seperti oli atau apapun penghantar listrik juga dapat mengganggu kinerja touchscreen. Untuk mengatasi masalah ini, bersihkan layar hp menggunakan kain basah, gosok layar agar terbebas dari cairan. Lepas pelindung layar jika menggunakannya. Lepas juga kondom atau aksesoris apapun yang terpasang pada ponsel. Kunci layar, bungkus ponsel dan masukan ke kulkas bagian atas sekitar 5 menit, keluarkan kemudian bersihkan dan keringkan ponsel.

2. Hindari Elektrik Statis

Gangguan elektrik statis juga dapat menyebabkan layar hp android bergerak sendiri secara liar yang mengganggu layar. Kemungkinan ini terjadi akibat ada kontak antara benda elektronik lainnya dengan ponsel seperti komputer, TV atau Laptop. Untuk menghilangkan gangguan elektrik statis maka gunakan kabel, tempelkan ujung kabel ke layar hp, dan ujung satunya sentuhkan ke tanah. Babeh tidak menjamin berhasil tetapi apa salahnya dicoba!

Jika terjadi kerusakan sistem, yang harus dilakukan adalah

1. Mengembalikan ke Setelan Pabrik

Melakukan reset atau restore ke setelan pabrik cukup ampuh untuk memperbaiki crash pada sistem. Karena layar susah dikendalikan, maka cara terbaik melakukan reset pada hp android kamu dengan cara:

  • Matikan ponsel Android kamu
  • Tekan tombol POWER, HOME dan Volume Atas secara bersamaan sekitar 10-30 detik hingga ponsel bergetar dan muncul logo
  • Masuk recovery mode, tekan tombol volume bawah untuk memilih WIPE DATA/FACTORY RESET.
  • Tekan tombol POWER untuk Konfirmasi
  • Ponsel akan otomatis restart, dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

2. Update Sistem Android

Jika ada bug pada sistem Android, maka cara tepat mengatasinya adalah dengan melakukan update firmware. Karena Babeh tidak mengetahui ponsel yang digunakan Olivia, maka Babeh asumsikan Samsung. Untuk melakukan update, kamu membutuhkan komputer dan beberapa software. Langkah update sistem hp android sebagai berikut:

  • Download ODIN dan driver ponsel kamu di halaman Driver and Tools. Tersedia juga software untuk tipe hp lainnya.
  • Instal ODIN di komputer kamu
  • Download firmware terbaru untuk hp kamu. Karena Babeh tidak mengetahui ponsel kamu, maka silahkan request atau cari sendiri di situs resmi ponsel kamu.
  • Matikan ponsel, dan kemudian tekan POWER+VOLUME BAWAH+HOME, untuk masuk ke mode download.
  • Hubungkan ponsel ke komputer dengan USB.
  • Jalankan ODIN yang sudah di instal, dengan cara click kanan dan pilih “run as administrator”

layar hp android bergerak sendiri

  • Pada sisi kiri atas, tertulis ID:COM, jika ponsel kamu sudah terhubung maka akan berwarna biru pada bagian bawahnya.
  • Pada gambar diatas klik “AP”. dan masukan firmware yang tersimpan pada dokumen (firmware yang kamu download)
  • Pada bagian PIT jangan diotak atik yah
  • Ketika firmware sudah di masukan, klik START untuk memulai proses instalasi
  • Tunggu beberapa saat, hingga muncul kata PASS yang berarti proses instalasi selesai.
  • Ponsel kamu sudah menggunakan firmware baru.

Sekarang tinggal cek apakah penyakit layar hp bergerak sendiri masih terjadi atau tidak? Jika masih terjadi maka bukan disebabkan oleh sistem, maka lanjutkan ke langkah berikutnya!

Kemungkinan Ketiga adalah Kerusakan Touchscreen.

Jika kedua cara di atas tidak berhasil maka tidak lain dan tidak bukan penyebabnya adalah kerusakan pada Touchscreen HP kamu. Maka harus dilakukan pergantian. Harga Touchscreen berbeda-beda tergantung tipe hp kamu. Untuk masalah ini, silahkan hubungi Babeh dan berkonsultasi secara langsung melalui Whatsapp atau BBM. Karena beberapa ponsel tidak tersedia perbagian, harus fullset dengan LCDnya.

 

Layar HP Android bergerak Sendiri | admin | 4.5