Cara mengatasi Sistem UI error Galaxy S7

Sistem UI error Galaxy S7 – Beh, HP Saya Galaxy S7 Edge, baru2 ini di update firmware setelah restart muncul pesan error “Unfortunately, System UI has stopped“. Gimana cara ngatasinya beh? Terimakasih.

Olivia, Jakarta.

sistem ui error galaxy S7

Semua aplikasi yang berjalan pada sistem operasi Android 6.0 Marsmallow diseting untuk meminta izin pengguna pada setiap perubahan dan sistem keamanan ditingkatkan secara signifikan. Jadi jika salah satu aplikasi atau sistem tak berjalan semestinya akan muncul pesan error di antarmuka.

Banyak faktor yang menyebabkan masalah terjadi, yang memicu pesan error tersebut, namun ada beberapa faktor yang biasa sebagai pemicunya, antara lain:

  1. Beberapa sistem korup ketika proses update dilakukan. Meskipun kadang sistem korup dengan sendirinya tanpa adanya update, misalnya ketika proses update aplikasi berjalan, tiba-tiba hp mati karena kehabisan batere. Maka proses tersebut terkadang melewatkan satu aplikasi.
  2. Aplikasi pihak ketiga atau mungkin launcher yang menyebabkan masalah akibat konflik dengan TouchWiz. Biasa terjadi pada sistem apapun ketika aplikasi tidak kompatibel dengan sistem berjalan.

Cara mengatasi Sistem UI error Galaxy S7

Babeh mengalami masalah seperti ini ketika minggu lalu mengupdate ponsel HTC ke Android 6.0.1 Marsmallow, hal tersebut disebabkan launcher yang digunakan HTC berbeda dengan HTC Sense 7.0, sehingga beberapa kali restart untuk update sistem hingga kompatibel, untungnya sistem mendeteksi dengan sendirinya, sehingga tanpa melakukan apapun HTC Sense 7 memperbaiki masalah otomatis.

Kembali ke Sistem UI error Galaxy S7 Edge yang sama-sama berjalan di Android Marsmallow, beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengatasinya antara lain:

Langkah 1, Restart Ponsel

Ketika pesan “Unfortunately, System UI has stopped” muncul pertama kali, lakukanlah restart sebelum melakukan hal lainnya. Dengan melakukan restart, sistem biasanya akan mendeteksi masalah dan memperbaikinya sendiri.

Langkah 2, Hapus Sistem Cache

Seperti yang Babeh utarakan, biasanya masalah sistem error diakibatkan cache yang korup. Untuk melakukan hapus Cache Samsung Galaxy S7, ikuti langkah berikut:

  • Matikan Galaxy S7 Edge
  • Tekan dan tahan tombol HOME dan Volume atas, kemudian tekan tombol POWER
  • Ponsel akan mendeteksi perintah untuk menyala. Ketika muncul tulisan Samsung Galaxy S7 Edge, lepaskan tombol POWER tetapi tetap menahan tombol HOME dan Volume atas.
  • Kemudian akan muncul Logo Android, barulah lepaskan kedua tombol tersebut.
  • Gunakan tombol volume bawah untuk memilih “wipe cache partition”, tekan tombol POWER untuk konfirmasi.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Kemudian pilih “reboot system now”, tekan tombol POWER.
  • Tunggu agak lama, karena ponsel akan restart lebih lama dari biasanya.

Langkah 3, Masuk Safe Mode

Safe mode artinya sistem berjalan tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga, Hal ini untuk mengetahui, jika penyebab masalah oleh aplikasi pihak ketiga. Cara masuk Safe Mode Galaxy S7 Edge, ikuti langkah Babeh berikut:

  1. Tekan dan tahan tombol POWER.
  2. Sesaat kemudian akan muncul ‘Samsung Galaxy S7 EDGE’ pada layar, lepaskan tombol power, dan tekan tombol Volume Bawah.
  3. Terus tekan tombol Volume Bawah hingga ponsel selesai reboot.
  4. Ketika sudah muncul “Safe Mode” pada layar bagian pojok kiri bawah, barulah lepaskan tombol Volume Bawah.

Pada mode ini, jika pesan error tidak muncul lagi artinya aplikasi pihak ketigalah yang menyebabkan sistem ui error. Jadi harus diperiksa satu-satu aplikasi mana yang menyebabkannya. Caranya:

  1. Masuk ke Setting
  2. Pilih Aplikasi Manager
  3. Pilih All Tab dan pilih aplikasi yang bertanda tanya
  4. Tekan Force Close, lalu Storage, dan pilih clear cache lalu clear data
  5. Delete, untuk menghapus aplikasi.

Langkah 4, Master Reset

Jika tiga langkah diatas tidak berhasil, maka cara pamungkasnya adalah melakukan reset sistem. Ini akan menghapus semua data dan mengembalikan ke setelan pabrik. Sebelum melakukannya, backup data kamu, dan hapus akun Google kemudian matikan lock screen. Cara reset Samsung Galaxy S7 Edge, sebagai berikut:

  • Tekan dan tahan tombol HOME dan Volume atas, kemudian tekan dan tahan tombol POWER
  • Ketika muncul “Samsung Galaxy S7 Edge” pada layar, lepaskan tombol POWER, namun tetap menahan tombol HOME dan Volume Atas. shows on the screen, release the Power key but continue holding the Home and Volume Up keys.
  • Ketika logo Android muncul, lepaskan kedua tombol tersebut
  • Gunakan tombol volume bawah, pilih factory reset, kemudian tekan tombol POWER untuk konfirmasi.
  • Tunggu proses selesai, sistem akan restart sedikit lebih lama, hingga kembali ke setelan pabrik.

 

Cara mengatasi Sistem UI error Galaxy S7 | asepkanan | 4.5