Bagus mana ZTE Axon 7 atau Samsung Galaxy S7

Bagus mana ZTE Axon 7 atau Samsung Galaxy S7? Babeh akan mencoba menganalisa head to head kedua ponsel tersebut. ZTE A7 merupakan rilisan terbaru dari pabrikan Cina ZTE yang terlihat sangat menjanjikan. Axon 7 adalah smartphone pertama di dunia yang mengaplikasikan RAM 6 Gb untuk varian internal 128 Gb.

Baik ZTE A7 maupun Samsung Galaxy S7 memiliki spesifikasi terbaik saat ini, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Namun, yang terpenting dari review ini adalah untuk mendapatkan gambaran terbaik, mana yang bagus dan pantas dimiliki serta smarphone mana yang lebih murah dengan kualitas terbaik?

Bagus mana ZTE Axon 7 atau Samsung Galaxy S7

Bagus mana ZTE Axon 7 atau Samsung Galaxy S7

Untuk membandingkan head to head, Babeh akan melihat dari setiap sisi, baik desain, kualitas material, software dan hardware serta fitur multimedianya.

Desain dan Kualitas Material

Dari sisi tampilannnya, jelas keduanya sangat berbeda. ZTE Axon 7 berdesain unibody, dengan balutan metal yang sangat kokoh dan nyaman di genggaman tangan. Tidak dipungkiri bahwa ZTE melakukan perubahan besar terhadap desain produknya sehingga tampak lebih baik dari para pendahulunya.

Di sisi lain, Samsung Galaxy S7 memiliki tampilan seperti yang seharusnya kelas premium miliki. Mungkin tidak segarang Axon 7, tetapi kombinasi metal dan kaca membuatnya sangat indah sekaligus kokoh. Dan karena layar Galaxy S7 lebih kecil, sehingga lebih nyaman digenggam dengan satu tangan.

Sebagai catatan tambahan, Galaxy S7 merupakan salah satu ponsel yang mampu melindungi dirinya dari air dan debu, seperti halnya Sony generasi Aqua. Mungkin ini menjadi salah satu kelebihan lain dibanding ZTE Axon 7.

Layar

Kedua ponsel ini mengadopsi layar AMOLED, yang membedakannya hanya ukurannya saja, Dan ZTE Axon 7 kebetulan juga menggunakan Layar produksi Samsung, sehingga kualitas dari Layarnya sama baiknya dengan Galaxy S7.

Samsung Galaxy S7 memiliki bentang layar 5,1 inch. Sedangkan ZTE Axon 7 sedikit lebih lebar, yakni 5,5 inc. Keduanya memiliki resolusi yang sama besarnya yakni QHD (2560×1440). Di sisi ini, Babeh tidak dapat menentukan mana yang lebih baik, karena mereka memiliki kualitas yang sama.

Antarmuka

Meskipun menggunakan sistem operasi yang sama yakni Android 6.0.1 Marsmallow, kedua ponsel tersebut memiliki antarmuka yang berbeda. Samsung Galaxy S7 tentusaja memiliki kelebihan dengan TouchWiz yang dimilikinya, yang memungkinkan kita untuk melakukan kustomisasi sesuai dengan keinginan kita.

Di sisi lain, ZTE Axon 7 sangat terbatas dalam melakukan kustomisasi kecuali dibantu dengan aplikasi pihak ketiga. Kesederhanaan dan kemudahan lah yang coba ditawarkan oleh ZTE A7, sehingga pengguna tidak dipusingkan dengan kustomisasi dan fungsionalitas lainnya.

Jadi, pada sisi antarmuka ini, menurut Babeh, TouchWiz yang melekat pada Samsung Galaxy S7 lebih mudah digunakan karena sangat familiar. Namun demikian, tergantung dari preferensi penggunanya, hanya memerlukan sedikit waktu untuk memahami Antarmuka ZTE Axon 7.

Silahkan lihat Video Review berikut dari androidauthority

Hardware

Tidak dipungkiri bahwa ZTE Axon 7 sangat cepat dengan teknologi standar ponsel premium saat ini yakni Qualcomm Snapdragon 820 yang didukung Adreno 530, dan RAM 6 GB. Ini adalah salah satu HP dengan RAM besar 6 Gb pertama di dunia.

Samsung Galaxy S7 memiliki 2 versi, yang satu menggunakan Snapdragon 820 dan yang kedua menggunakan prosesor Octa Core Exynos 8890. Kedua versi tersebut menggunakan RAM 4 Gb, dengan GPU yang berbeda pula. Snapdragon 820 dipadukan dengan Adreno 530, sedangkan Exynos 8890 dipadukan dengan Mali.

Melihat sisi internalnya, Axon 7 memiliki 2 varian yakni 64 GB (4 Gb RAM) dan 128 Gb (6 Gb RAM). Dan keduanya dapat di ekspansi menggunakan memori eksternal hingga 128 GB. Sedangkan Galaxy S7 menawarkan dua varian internal yakni 32 GB dan 64 GB.

Pada sisi kecepatan, baik ZTE A7 maupun Samsung Galaxy S7, performanya luar biasa cepat sehingga sangat sulit membandingkan tanpa dilakukan Benchmark.

Kelebihan ZTE Axon 7 lainnya adalah disisi suaranya. Mengadopsi Doby Atmos yang menghadirkan surround sound ketika kita bermain game atau menggunakan load speaker untuk menyetel musik. Kualitas suara jauh mengungguli Samsung Galaxy S7, karena S7 seperti produk lainnya yang menggunakan speaker standarnya.

Camera

Hingga saat ini, Samsung memiliki reputasi yang sangat baik di sisi kualitas kamera. Sangat luar biasa digunakan baik dengan cahaya tinggi maupun rendah, Samsung Galaxy S7 menggunakan kamera beresolusi 12 MP dengan teknologi dual pixel yang menghasilkan kecepatan autofocus dan ketajaman gambar sempurna.

Meskipun ZTE Axon 7 membawa kamera beresolusi lebih tinggi yakni 20 MP, yang juga memiliki deteksi wajah dengan autofocus cepat. Tetapi seperti kebanyakan ponsel Cina lainnya, yang hanya mengklaim terbaik dengan resolusi tinggi namun hasilnya tidak seperti yang dibayangkan.

Kesimpulan

Samsung selalu menghadirkan ponsel premium sebagai patokan perbandingan. Saat ini Galaxy S7 menjadi yang terbaik dengan performa tinggi dan kaya akan fitur. Banyak sekali produk pabrikan lainnya seperti HTC 10, ZTE Axon 7, LG G5 yang mencoba menggoyahkan Samsung Galaxy S7.

ZTE Axon 7 cukup menjanjikan dengan performa tinggi untuk mengalahkan smartphone premium, sehingga tidak bisa dipandang sebelah mata. Butuh waktu yang lebih lama untuk menguji ketahanan dan performa ZTE Axon 7.

Menurut Babeh, keduanya sangat layak dimiliki. Jika dilihat dari harga ZTE Axon 7 sedikit lebih murah dibanding Samsung Galaxy S7. Pilihan ditentukan oleh kamu, jika kamu stylist Galaxy S7 masih menjadi pilihan terbaik. Jika kamu Gamer, Axon 7 patut dicoba.

Bagus mana ZTE Axon 7 atau Samsung Galaxy S7 | asepkanan | 4.5