5 Masalah pada Samsung Galaxy S6

Dalam artikel ini, Babeh mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang sama dan saling berkaitan pada Masalah Samsung Galaxy S6. Ternyata banyak juga masalah dari ponsel super mewah ini, penampilan elegan nan menawan serta performa besar yang disematkan terkandung beberapa kelemahan yang sangat menyebalkan. Beberapa diantaranya babeh rangkum disini.

Masalah Samsung Galaxy S6

Masalah Samsung Galaxy S6

1. Aplikasi Samsung S6 yang sering Force Closing

Masalah aplikasi sering keluar sendiri, dan refresh tiba-tiba sangat mengganggu pengguna. Ponsel yang sering mengalami force closing/aplikasi berhenti secara mendadak dan keluar tiba-tiba mengindikasikan bahwa ponsel memiliki managemen memori yang buruk. Meskipun Samsung Galaxy S6 memiliki RAM 3 Gb toh masalah seperti itu masih bisa timbul, biasanya disebabkan karena pemakain RAM dalam aplikasi tidak sempurna bersih meskipun aplikasi sudah tidak digunakan.

Rekomendasi Babeh yang bisa dilakukan

  • Buang atau uninstall aplikasi yang jarang digunakan terutama Facebook dan Messenger yang paling boros menggunakan RAM, tentusaja apabila Anda tidak sering memakainya.
  • Gunakan Android Launcher yang lain jika memungkinkan, seperti Touchwiz, Nova Launcher dan Google Now Launcher.
  • Segera update system, karena biasanya masalah ini timbul karena software yang memiliki bugs. Samsung akan segera memperbaiki dengan sistem update, coba cari di Settings > About device > Software update > Update now.

2. Batere Samsung S6 Boros

Dibekali dengan 2550mAH, sementara prosesor dan RAM yang besar, kinerja batere menjadi sangat berat. Akibatnya hanya dipakai beberapa jam batere low dan sering di charge. Tentu saja ini adalah kelemahan mendasar dari Samsung Galaxy S6.

Rekomendasi Babeh Untuk Mengatasi Masalah Batere Boros

  • Matikan semua fitur-fitur yang tidak digunakan, misalnya widget weather/atau prakiraan cuaca, koneksi otomatis pada akun email, bluetooth, wifi, dan lainnya.
  • Redupkan layar, karena hampir 50% habisnya batere digunakan untuk pencahayaan layar. Jadi, kurangilah ketajaman layar agar batere lebih awet.
  • Aktifkan Power Saving mode, atau mode penyimpanan daya.

3. Samsung S6 Wifi lambat atau tidak terhubung

Banyak keluhan pada koneksi wifi yang lambat bahkan tidak terhubung jika orang memiliki ponsel baru, tidak terkecuali dengan Galaxy S6.

Rekomendasi yang bisa dilakukan

  • Matikan ponsel dan router lalu hidupkan kembali, mungkin koneksi akan kembali normal, tetapi jarang juga trik ini berhasil mengatasi masalah yang sama timbul lagi.
  • Clear koneksi, dan coba seting ulang. Masuk ke Setting > Wi-fi, lalu tekan troublesome router, dan pilih forget. kemudian seting ulang dari awal.
  • Jika ada pilihan kecepatan koneksi, misal dari 2Ghz ke 5Ghz, atau sebaliknya,,,,mudah2an ada perbedaan.
  • Gunakan aplikasi Wifi Analyzer, instal dari Playstore untuk menganalisa permasalah dengan Wifi anda.

Baca juga: Cara mengatasi Wifi Samsung bermasalah

4. Sinyal Lemah Samsung S6

Kalau masalah sinyal mungkin juga dari ponselnya, tidak jarang juga dari lokasinya. Mungkin jika Anda berada di luar jangkauan ISP, tentusaja sinyal akan sangat lemah bahkan menghilang,,,,tetapi jika Anda melihat ponsel yang lain memiliki sinyal kuat, dan S6 Anda malah lemah,,,berarti ada sesuatu dengan setingannya.

Rekomendasi Setting

  • Coba ke Pengaturan, lalu pilih jaringan telephon, pilih tipe jaringan (network type), ganti dengan WCDMA/GSM atau LTE/WCDMA/GSM atau GSM only, coba semua pilihan siapa tau ada perubahan.
  • Coba ganti kartu SIM Anda, apakah ada perubahan. Kalau masih lemah segera ke Pusat Layanan Samsung, perbaiki disana jika masih ada garansi.

5. GPS Samsung S6 tidak Akurat

Masalah Samsung Galaxy S6 lainnya yang paling sering dikeluhkan adalah tingkat keakurasian GPS.

Untuk mengatasinya, lihat langkah Babeh berikut

  • Cek apakah mode simpan daya aktif. Jika hidup maka matikan, pergi ke Pengaturan>Batere>matikan. Lalu matikan ponsel dan hidupkan kembali, semoga ada perubahan akurasi.
  • Bersihkan Cache. Pergi ke Pengaturan>>Aplikasi Manager>>GPS, dan clear cache.
  • Coba instal aplikasi GPS test di Playstore, coba bandingkan keakurasian dengan HP lain yang menggunakan satelite GPS yang sama. Jika Ponsel anda tidak akurat hasilnya, ada kemungkinan terdapat kerusakan hardware. Satu-satunya jalan maka harus kontak Samsung untuk klaim garansi.
  • Langkah terakhir yang bisa dilakukan sebelum menghubungi Samsung Center, lakukan factory reset atau mengembalikan ke setelan pabrik. Backup semua data sebelum melakukannya. Pergi ke Pengaturan>>Backup dan Reset>>Reset dan hapus semuanya.

Lalu berhati-hatilah dalam menginstal aplikasi, tidak semua aplikasi itu bagus, terkadang banyak juga aplikasi yang merusak kinerja ponsel Anda. Lihatlah rating setiap aplikasi sebelum menginstalnya! Jika ada pertanyaan lain, jangan sungkan untuk bertanya, gunakan form Tanya Babeh, dibawah!

 

Semoga Bermanfaat dan Membantu Mengatasi Masalah Samsung Galaxy S6 kamu.

5 Masalah pada Samsung Galaxy S6 | admin | 4.5